Sungai Ciliwung Meluap, Aktivitas Pasar dan Pertokoan Jatinegara Lumpuh Total

Aktivitas pasar Jatinegara lumpuh total akibat banjir (dok: Wenty/ Monitor)

MONITOR, Jakarta – Banjir merendam sejumlah wilayah di Jakarta. Salah satu lokasi yang turut terendam banjir hingga Kamis (2/1) siang ini adalah Pasar Jatinegara.

Banjir disebabkan oleh Luapan air Sungai Ciliwung yang sudah menggenangi jalan raya Jatinegara dari arah Kampung Melayu menuju Matraman.

Pantauan MONITOR, terlihat petugas menutup jalan raya dari kendaraan yang melintasi pasar Jatinegara. Sehingga, aktivitas ekonomi di sepanjang jalan Jatinegara kini sudah lumpuh.

Sepanjang jalan Jatinegara tepatnya di Jalan Raya Jatinegara Barat, Jakarta Timur, toko-toko masih tutup dan tak sedikit pemilik toko membersihkan barang dagangannya yang terekena lumpur.

Salah satu pemilik toko kelontong, Junaidi, mengaku jika biasanya toko-toko pagi juga sudah buka. Akan tetapi karena air sudah mulai meluap ke jalan raya, mau tidak mau tutup sementara.

Junaidi pun berusaha tetap membuka tokonya sampai sore kemarin. Ia sangat berharap hujan tidak kembali turun malam ini, sehingga air yang saat ini menggenangi tempat usahanya pun dapat segera surut, agar aktivitas ekonomi di sekitar Pasar Jatinegara dapat kembali normal.

Sejumlah warga juga mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, kini mulai memenuhi jalan raya Jatinegara. Mayoritas yang mengungsi ke jalan raya adalah ibu-ibu dan anak-anak, sementara untuk kaum pria masih lebih memilih tetap bertahan di lantai dua rumah-rumah mereka menjaga barang-barang berharga miliknya.

Tak hanya itu, jalan yang digenangi air dan lumpur itu juga menjadi ajang sarana anak-anak bermain hingga berenang.