Ada Car Free Night, Sore Ini Ganjil-Genap Ditiadakan

Ilustrasi

MONITOR, Jakarta – Menjelang pergantian tahun baru 2020, sederet rangkaian acara telah dipersiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta, salah satunya Car Free Night. Tak hanya itu, aturan ganjil-genap pun di Ibukota tidak berlaku untuk sementara.

Kepala Sub Direktorat Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar mengatakan bahwa aturan kebijakan sistem ganjil-genap di beberapa jalur Jakarta pada hari ini, Selasa 31 Desember 2019 hanya diberlakukan hanya pagi hari saja.

Sementara untuk sore hari yang seharusnya ada ganjil-genap pukul 16.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB tidak diberlakukan karena adanya car free night menyambut pergantian tahun di kawasan Jalan Jenderal Sudirman-MH. Thamrin.

“Pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap pada hari Selasa tanggal 31 Desember 2019 tetap diberlakukan pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 10.00 WIB. Sedangkan pada pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB tidak diberlakukan,” kata Fahri melalui pesan singkatnya kepada wartawan

Dituturkannya, pada Rabu 1 Januari 2020 sistem ganjil-genap kembali tak diberlakukan. Dikarenakan esok merupakan hari libur nasional atau tanggal merah.

“Pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap pada hari Rabu tanggal 1 Januari 2020 tidak diberlakukan,” tutur Fahri.

Sementara untuk pengalihan arus lalu lintas pada acara Car Free Night, akan dimulai pukul 15.00 sampai dengan pukul 24.00 WIB. Pihaknya pun telah menyiapkan lokasi kantong parkir bagi masyarakat.

“Ada empat lokasi parkir di Monas. Parkir IRTI, Stasiun Gambir, dalam Monas, dan Barat Daya Patung Kuda,”pungkasnya.