Gerindra Sebut Irjen Pol Nana Sudjana Layak jadi Kapolda Metro

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (dok: rilis.id)

MONITOR, Jakarta – Partai Gerindra menyebut sosok Irjen Pol Nana Sudjana menjabat Kapolda Metro Jaya. Pasalnya Nana kiprah Nana saat reformasi dan pasca reformasi dinilai sangat bagus dalam mengawal keamanan ibu kota dalam dinamika politik dan keamanan yang sangat.

“Dengan kematangan, tangan dingin dan keluwesannya, yang bersangkutan dapat mengkomunikasikan kepada segenap elemen bangsa untuk mendinginkan suasana di Ibukota,” ungkap Wakil Ketua DPP Sufmi Dasco Ahmad, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Dasco, sebagai mantan Dirintelkam Polda Metro Jaya pada masa reformasi dan mantan Direktur Politik dan Keamanan pada Badan Intelijen dan Keamanan Polri, Nana sangat paham pemetaan serta geopolitik ibu kota saat ini.

“Sudah sangat tepat Kapolri Jenderal Idham Azis mempercayakan Irjen Pol Nana Sudjana untuk tampil di depan menjaga ibu kota sebagai etalase Republik Indonesia, agar stabilitas ekonomi dan iklim investasi terjaga,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Irjen (Pol) Gatot Eddy Pramono akan melepaskan jabatan Kepala Polda Metro Jaya. Berdasarkan surat telegram rahasia bernomor ST/3330/XII/KEP./2019 tertanggal 20 Desember 2019, Gatot akan menduduki jabatan baru sebagai Wakil Kepala Polri.

Perwira tinggi Polri yang menjabat Wakapolri saat ini, yakni Komjen (Pol) Ari Dono Sukamto hendak memasuki masa pension. Dengan demikian, nantinya Gatot akan dinaikkan pangkatnya menjadi bintang tiga alias Komisaris Jenderal.

Adapun posisi Gatot sebagai Kepala Polda Metro Jaya sendiri akan diisi oleh Irjen (Pol) Nana Sudjana. Sudjana saat ini diketahui menjabat sebagai Kepala Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).