Kamis, 28 Maret, 2024

Jasa Marga Pastikan Japek II Elevated Efektif Layani Lalu Lintas Mudik Natal

MONITOR, Cikampek – Berdasarkan evaluasi pelayanan arus mudik Natal 2019, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated terbukti efektif untuk membantu pelayanan arus mudik Natal 2019. Salah satunya adalah peningkatan volume lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek setiap harinya pada periode mudik Natal yang berhasil didistribusikan ke Jalan Tol Japek II Elevated.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dwomawan Heru mengatakan, selama tiga hari periode mudik Natal 2019 (20-23 Desember 2019), tercatat total 358 ribu kendaraan melewati Jalan Tol Japek dan Jalan Tol Japek II Elevated.

“Sebanyak 117 ribu kendaraan atau 33% dari total kendaraan tersebut memilih untuk menggunakan Jalan Tol Japek II Elevated,” ujar heru dalam siaran persnya, Rabu (25/12).

Jasa Marga juga mencatat lalu tertinggi yang melewati Japek Elevated terjadi pada hari Jumat (20/12) yaitu sebanyak 34% atau 41.000 kendaraan dari total 124 ribu kendaraan.

- Advertisement -

“Pada hari Jumat ini, lalu lintas dirasa lebih lancar dibandingkan hari lainnya dikarenakan waktu kedatangan kendaraan yang menyebar dan tidak pada satu rentang waktu yang bersamaan, berbeda dengan saat pemberlakuan rekayasa lalu linyas one way arus mudik pada hari Sabtu, 21 Desember,” terangnya.

Selain itu, dari sisi pengukuran kecepatan untuk segmen Cikunir s.d Karawang Barat pada periode 20-23 Desember 2019, terjadi peningkatan kecepatan arah Cikampek bagi pengguna jalan Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu mencapai 62 Km/jam dibandingkan Jalan Tol Japek eksisting mencapai 58 Km/jam.

Secara umum, kata Heru, beberapa aspek yang menjadi evaluasi, yaitu terjadinya antrean jelang pertemuan arus lalu lintas Jalan Tol Japek dan Japek II Elevated di KM 48, serta kepadatan pengguna jalan yang akan menggunakan rest area setelah melalui Jalan Tol Japek II Elevated, yaitu Rest Area Km 50 dan Km 57.

Untuk mencairkan kepadatan akibat pertemuan lalu lintas tersebut, lanjut Heru, pihaknya dengan diskresi Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow Km 47 s.d Km 61 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek sebagai penambahan kapasitas lajur.

Perlu antisipasi bagi pengguna jalan untuk mempersiapkan diri dan kendaraan sebelum menggunakan jalan tol layang terpanjang ini dikarenakan ketiadaan rest area. Salah satunya yang paling penting adalah memastikan kecukupan BBM karena kehabisan BBM cukup sering terjadi di Jalan Tol Japek II Elevated selama periode mudik Natal 2019.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER