Kamis, 25 April, 2024

Ekonomi DKI Diperkirakan Tumbuh 6,1 persen Pada 2020

MONITOR, Jakarta – Selama tiga tahun terakhir pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta memiliki tren yang positif, namun 2019 sempat mengalami penurunan walau tetap diprediksi di angka enam persen.

Diperkirakan, ekonomi Provinsi DKI Jakarta akan tumbuh 6,1 persen pada 2020 dan memberi kontribusi 17,72 persen terhadap ekonomi nasional.

“Pembangunan infrastruktur di Provinsi DKI terutama MRT dan LRT fase dua Jakarta masih menjadi garda terdepan pertumbuhan ekonomi,” kata Kepala Biro Perekonomian Provinsi DKI Jakarta M Abbas, Selasa (24/12).

Pemprov DKI Jakarta akan terus mendorong kinerja ASN untuk mengoptimalkan penyerapan anggaran caranya kalau sampai serapan di bawah 80 persen maka tidak akan mendapat tunjangan kerja daerah (TKD).

Pemprov DKI juga telah menandatangani kerja sama dengan delapan penyedia aplikasi (aplikator) untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Jakarta. Saat ini kuliner masih menjadi penyumbang tertinggi PDB DKI Jakarta.

Program kerja berikut di 2020 Pemprov DKI Jakarta akan terus menekan angka inflasi yang selama ini masih di atas rata-rata nasional.

“Dari 6.000 badan usaha yang tercatat di DKI Jakarta sebanyak 90 persen merupakan UMKM. Sehingga sudah sepatutnya bagi Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan mengingat sektor ini merupakan tulang punggung ekonomi,” kata Diana Dewi, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta.

- Advertisement -

Diana mengatakan dukungan yang diberikan dapat berupa kemudahan perizinan. Diharapkan Pemprov DKI membuat standar operasi dan prosedur.

“Kalau sudah ada tolong dapat disosialisasikan kepada Kadin DKI Jakarta,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER