Mahasiswa Bidikmisi Diminta Aktif di Organisasi untuk Berlatih Memimpin

Pembinaan Mahasiswa Bidikmisi UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi (dok: humas Kemenag)

MONITOR, Jambi – Mahasiswa Program Bidikmisi diharapkan jangan hanya aktif kuliah di kelas, tetapi harus aktif dalam organisasi-organisasi kemahasiswaan untuk berlatih memimpin dan mengasah kepedulian.

Hal itu dikatakan Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI pada acara Pembinaan Mahasiswa Bidikmisi UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Jumat (20/12).

“Kapasitas kepemimpinan dan semangat kepedulian sosial bisa dilatih dalam ruang-ruang organisasi kemahasiswaan yang dilapisi dengan idealisme,” tegas Ketua I Senat Mahasiswa IAIN Walisongo.

Kepada 500-an penerima manfaat Bidikmisi, Ruchman mengatakan Indeks Prestasi (IP) itu penting tetapi tidak dominan dan menjamin kesuksesan seseorang. “Janganlah hanya mengejar IP, karena masih banyak aspek kecerdasan emosional (EQ) yang tidak kalah pentingnya,” katanya.

Mengutip Stanley Aktivis Mahsiswa ’98 ini menerangkan, ada beberapa karakter yang akan mempengaruhi kesuksesan seseorang yaitu kejujuran (being honest with all people), disiplin keras (being well-disciplined), mudah bergaul (getting along with people), dukungan pendamping (having a supportive spouse) dan kerja keras (working harder than most people).

Selain itu, lanjut Ruchman, adalah kecintaan pada yang dikerjakan (loving my career/business), kepemimpinan (having strong leadership qualities), kepribadian kompetitif (having a very competitive spirit/personality), hidup teratur (being very well-organized) dan kemampuan menjual ide (having an ability to sell my ideas/products).

Bahrul Ulum selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni mengatakan mahasiswa Bidikmisi harus membekali diri dengan karakter unggul agar dapat mengembangkan potensi diri.

“Prestasi jangan hanya di ukur dari capaian akademik tetapi juga nn akademik yang akan mengantarkan kesuksesan,” kata Alumni UIN STS Jambi ini.

Bahrul berharap momen bertemu dengan Pak Ruchman Basori ini dimanfaatkan dengan baik. “simak dengan baik paparan Pak Ruchman, karena akan banyak pengalaman yang ditularkan tidak saja sebagai pejabat tetapi juga sebagai seorang aktivis,” katanya.

Kegiatan Pembinaan Bidikmisi UIN STS Jambi mengambil tema “Membina Karakter, Mengasah Potensidan Menggapai Prestasi Menuju Bangsa Yang Unggul”, dihadiri oleh Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas di UIN Jambi, Kabag Akademik dan kemahasiswaan Darul Hipni dan Kasubbag Kemahasiswaan Burhanuddin.