Jokowi Sambut Hangat Finalis Sayembara Desain Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi menggelar rapat bersama jajarannya (dok: setkab)

MONITOR, Jakarta – Para finalis peserta Sayembara Desain Ibu Kota baru mendapat sambutan hangat dari Presiden Joko Widodo. Orang nomor wahid di Indonesia ini mengucapkan selamat kepada para finalis yang terpilih dari 755 peserta sayembara.

“Itu merupakan sebuah pencapaian yang sangat hebat dan sekarang dalam proses penilaian akhir dan salah satu dari bapak-ibu semuanya akan jadi pemenang,” ujar Jokowi usai didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana, Jumat (20/12).

Ia menyampaikan, bahwa pembangunan ibu kota bukan semata-mata pemindahan lokasi atau pemindahan bangunan, tetapi ia ingin ada pindah sistem, ada pindah budaya kerja.

Widget Situasi Terkini COVID-19

“Sehingga kita harapkan, kita memiliki sebuah konsep yang visioner,” ujarnya.

Jokowi menuturkan, lokasi ibu kota baru yang baru dilihatnya di Sepaku, Penajam Paser Utara memang sebuah lokasi perbukitan. Namun ia meyakini kalau para peserta Sayembara Desain Ibu Kota Baru nanti melihat ke sana, pasti senang sekali, karena memudahkan untuk lebih memperbaiki konsep-konsep yang ada.

“Saya tahu bahwa ini bukan hanya smart city, compact city, yang nyaman, yang humanis, yang zero emission. Tetapi juga kita ingin membangun di sana selain cluster pemerintahan, nanti ada cluster pendidikan, ada cluster kesehatan, ada cluster riset dan inovasi, dan ada cluster financial center, sehingga dari sinilah kita ingin, apa, sebuah, ada sebuah transformasi ekonomi, dari ekonomi yang kita miliki sekarang ini masuk kepada smart economy,” pungkasnya.