Lantik Dewan Pengawas KPK, Jokowi: Mereka Orang-orang Baik

Presiden Joko Widodo (dok: Setkab)

MONITOR, Jakarta – Pasca pelantikan Ketua dan Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Masa Jabatan 2019-2023 di Istana, Presiden Joko Widodo melemparkan pujian. Orang nomor satu di negeri ini mengatakan, mereka adalah orang-orang yang baik.

Jokowi menjelaskan, orang-orang pemegang jabatan Dewan Pengawas KPK memiliki catatan integritas yang baik, kapasitas mumpuni dan kapabilitas dalam hal ini.

“Beliau adalah orang-orang baik, memiliki kapabilitas, memiliki integritas, memiliki kapasitas dalam hal-hal yang berkaitan dengan wilayah itu,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12) sore.

Menurut Jokowi, Dewan Pengawas KPK itu sengaja dipilih dari sudut yang berbeda-beda. Ada yang mantan hakim, ada yang hakim aktif, ada yang juga dari mantan KPK, ada yang juga dari akademisi, ada yang Mahkamah Konstitusi.

“Saya kira itu sebuah kombinasi yang sangat baik, sehingga bisa memberikan fungsi, terutama fungsi kontrol dan pengawasan terhadap komisioner KPK. Saya kira ini akan bekerja sama dengan baik dengan komisioner KPK. Itungan kita itu,” tegasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya kelima nama yang ditetapkan Presiden Jokowi sebagai Dewan Pengawas KPK adalah: 1. Artidjo Alkostar (mantan Hakim Mahkamah Agung); 2. Albertina Ho (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang, NTT); 3. Harjono (mantan Hakim Mahkamah Konstitusi); dan 5. Syamsudin Haris (Peneliti LIPI).