Sabtu, 27 April, 2024

Genangan Air Kepung Ibukota, Dinas SDA Pastikan Sudah Surut

MONITOR, Jakarta – Paska hujan mengguyur Ibukota, Selasa (17 /12), sejumlah ruas jalan di Jakarta tergenang air. Setidaknya ada 19 titik genangan ditemukan yakni, Jakarta Selatan 7 titik, Jakarta Pusat 4 titik, Jakarta Timur 5 titik, dan Jakarta Barat 3 titik. Sedangkan, genangan pemukiman terdiri dari 8 titik genangan di wilayah Jakarta Barat.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Juaini, mengatakan genangan yang terjadi di 19 titik tersebut dipastikan surut.

“Karena begitu hujan, kami langsung menggelar operasi siaga Ibukota untuk memastikan genangan air surut dengan cepat,” ujar Juaini, Selasa sore (17/12).

Dikatakan Juaini, personel dari Dinas SDA melalui Satgas SDA Kecamatan secara sigap menuju lokasi untuk melakukan penanganan genangan, dengan penyedotan menggunakan pompa serta pembersihan tali-tali air dibantu PPSU Kelurahan.

- Advertisement -

“Pompa yang telah disiapkan Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta sebanyak 122 unit pompa mobile dan 474 unit pompa stasioner yang tersebar di 165 lokasi, dengan total kapasitas 489.01 m4/dt,” paparnya.

Sementara itu, kegiatan monitoring dan antisipasi kejadian genangan terus dilaksanakan di beberapa titik, seperti Jalan MT. Haryono depan Gedung Film Kecamatan Pancoran dan Jalan Prof. Dr. Satrio Kecamatan Setiabudi. Tak hanya itu, tindakan preventif juga dilakukan oleh PPSU Provinsi DKI Jakarta. Ketika hujan, DKI Jakarta tidak bisa menolak sampah yang datang, tapi PPSU Provinsi DKI Jakarta siap untuk bergerak cepat untuk beraksi agar sampah itu tidak menimbulkan kerusakan lebih besar.

Kolaborasi menghadapi dampak musim penghujan di Ibu Kota dilakukan mulai dari kegiatan pemberian informasi update peringatan dini, monitoring, penanganan hingga update situasi terkini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER