Kamis, 25 April, 2024

Gelar Rakernas Awal Januari, PDIP Bahas Kemandirian Nasional

MONITOR, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan merayakan ulang tahun yang ke-47 pada 10 Januari 2020 mendatang dengan menggelar rapat kerja nasional (rakernas). Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, melalui rakernas itu pula partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut akan memasifkan upaya mewujudkan kemandirian nasional.

“HUT ke-47 dan Rakernas I PDI Perjuangan akan mengangkat seluruh aspek strategis guna menyusun jalan kebudayaan sebagai bangsa berdikari,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/12).

Menurut Hasto, Indonesia merupakan negeri yang sangat kaya akan sumber obat-obatan, pangan, rempah, bahkan menjadi produsen terbesar protein sarang burung walet di dunia. Indonesia, katanya, juga dikenal sebagai negari dengan varietas umbi-umbian paling lengkap.

“Tidak hanya dalam hal pangan, obat-obatan, rempah, dan keanekaragaman flora fauna, Indonesia berpeluang menjadi produsen terbesar minyak asiri di dunia,” tuturnya.

- Advertisement -

Secara khusus Hasto menjelaskan soal minyak asiri. Politikus asal Yogyakarta itu menuturkan, minyak asiri punya manfaat untuk proses healing ataupun parfum.

“Oleh karena itu PDI Perjuangan akan mendorong penelitian terhadap essential oil yang digunakan sebagai bahan baku industri parfum, pewangi, aromaterapi, farmasi, kosmetika dan lain-lain sebagai bagian mewujudkan semangat berdikari,” tegasnya.

Selain itu, PDIP juga mengajak seluruh elite politik, para peneliti, ahli perekayasaan industri, pelaku bisnis dan sektor keuangan bersama-sama menggelorakan semangat berdikari melalui riset, inovasi, serta aplikasi teknologi. Hasto menegaskan, menumbuhkan semangat berdikari melalui riset, inovasi dan pengembangan dari hulu ke hilir atas berbagai kekayaan alam Indonesia sudah sangat urgen.

“Hal tersebut akan meningkatkan nilai tambah agrikultura dan industri pengolahan bahan yang autentik memiliki daya saing karena bagian dari core production yang unik, khas Nusantara,” pungkasnya.

Dijadwalkan, PDIP menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) l pada 10-12 Januari 2020 mendatang di Jakarta.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER