Kementan Terpilih Sebagai Kementerian Terbaik Dalam Mengelola Informasi

MONITOR, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai kementerian terbaik dalam mengelola informasi dan komunikasi publik selama tahun 2019 ini.

Ketetapan ini dipilih setelah melalui serangkaian proses penelitian panjang yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi Komunikasi Publik (Puslitbang Aptika dan IKP Kominfo)

“Kami melakukan semua proses penelitian ini berdasarkan dimensi input yang dilakukan pada 47 kementerian dan lembaga serta pelibatan 25 Diskominfo (Dinas Kominfo Provinsi),” ujar Ketua Tim Peneliti Puslitbang Aptika dan IKP, Gati Gayatri, kemarin Kamis (12/12).

Menurut Gati, Kementan ditetapkan sebagai pengelola informasi terbaik berdasarkan dimensi input Kominfo dan ketersedian media saluran komunikasi yang dikelola intansi sendiri.

“Dalam artian ketersediaan anggaran riset, ketersediaan bahan informasi mengenai kebijakan dan program pemerintah semuanya dikelola intansi sendiri,” katanya.

Gati menambahkan, peringkat kedua untuk penghargaan ini diberikan kepada Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral. Adapun di peringkat ketiga diisi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Mengomentari capaiam ini, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menyampaikan terimaksih atas perhatian Kominfo dalam meningkatkan komunikasi antar lembaga negara dan kementerian.

“Dalam hal ini saya menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan. Semoga ke depan kami bisa bekerja lebih baik dan mampu mengkomunikasikan semua program di Kementan dengan lebih cepat dan efektif,” tukasnya.