Terungkap Alasan Prabowo Tak Jadikan Fadli Zon sebagai Jubir Khusus

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama Edhy Prabowo di Istana Negara (dok: IG)

MONITOR, Jakarta – Penunjukan lima juru bicara (jubir) khusus Partai Gerindra oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, sempat menjadi buah bibir. Pasalnya Prabowo tak memasukan nama Fadli Zon dalam daftar nama jubir khusus tersebut.

Lantas apa alasan Prabowo tak membawa nama Fadli Zon?

“Tidak ada alasan apa-apa, kan itu ada tour of duty pergantian, biasa itu,” kata Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/12).

Tak hanya itu, Prabowo pun membantah adanya anggapan bahwa Fadli Zon tak dipilih menjadi jubir khusus karena kerap mengkritik pemerintahan Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo pun terlihat lebih irit bicara, untuk menjelaskan secara jelas alasannya tak menunjuk Fadli Zon.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, meskipun Fadli Zon tak masuk dalam jubir khusus, namun bukan berarti partai melarang Fadli Zon untuk bersuara. Ditegaskan Muzani, partai tak memiliki hak untuk melarang kader yang bukan berstatus sebagai juru bicara khusus untuk bicara sesuai porsinya.

Menurutnya, para kader non-jubir khusus itu memiliki kewenangan untuk sekadar bicara di komisi terkait atau mewakili daerah pemilihannya (dapil) masing-masing.

Ya, di luar dari jubir khusus itu kami enggak punya hak untuk melarang, karena mereka sesungguhnya punya kewenangan untuk bicara di komisinya, untuk bicara di dapilnya,” imbuh Muzani.

Sementara itu seperti diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menunjuk lima kadernya sebagai Jubir Khusus partai. Kelima kader Gerindra yang ditunjuk sebagai jubir khusus itu yaitu Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria, Ketua DPP Gerindra Habiburakhman serta dua Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Sugiono