Kamis, 28 Maret, 2024

Kemenag Tegaskan Pacu Kualitas Mahasiswa Lewat Event Internasional

MONITOR, Bekasi – Persoalan kualitas dan mahasiswa menjadi sesuatu yang tidak dapat ditawar lagi. Demikian dikatakan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendis Kemenag RI, Arskal Salim GP dalam Rapat Koordinasi Direktorat PTKI di Bekasi, Rabu (11/12).

Menurutnya, peningkatan kualitas dan mutu mahasiswa tersebut penting dilakukan guna mendukung mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam di tengah persaingan global, salah satu caranya yakni dengan mengikutsertakan mahasiswa di event internasional.

“Keikutsertaan kompetisi internasional menjadi tuntutan untuk mendapatkan pengakuan rekognisi internasional untuk meningkatkan mutu PTKIN,” ujar Guru Besar Hukum Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini di depan para peserta rapat.

Lebih lanjut ia menjelaskan, keikutsertaan mahasiswa di ajang internasional tersebut juga untuk memenuhi kebutuhan akreditasi PTKI. Untuk itu ia berharap agar prestasi mahasiswa di berbagai forum akademik baik nasional maupun internasional harus ditingkatkan.

- Advertisement -

“Kita harus memperbanyak prestasi mahasiswa dalam forum akademik, pengembangan bakat, minat dan aspek pengabdian mahasiswa kepada masyarakat,” tuturnya.

Foto bersama peserta Rapat Koordinasi Direktorat PTKI

Rapat Koordinasi Direktorat PTKI ini difokuskan untuk membahas regulasi pelaksanaan Kartu Indonesia Kuliah (KIP Kuliah) diikuti oleh Wakil Rektor atau Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN se-Indonesia, berlangsung mulai 11-13 Desember 2019.

Terkait hal itu, Arskal menegaskan, harus dipastikan dalah regulasi bahwa mahasiswa yang menerima manfaat KIP kuliah tersebut adalah mereka yang mempunyai wawasan dan paham keagamaan moderat, berwawasan kebangsaan yang baik dan berprestasi.

“Mahasiswa dan kita semua harus konsisten mendesiminasikan moderasi beragama yang salah satunya untuk kontra radikalisme. Jangan sampai penerima KIP Kuliah bentuk lain dari Bidikmisi terpapar radikal dan intoleransi,” tandasnya.

Menyambung pembicaraan, Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaaan, Direktorat PTKI, Ruchman Basori menuturkan, pertemuan tersebut adalah agenda yang cukup penting, mengingat didalamnya membahas KIP Kuliah, Akreditasi Ormawa, Pendis Day, Apresiasi Bintang Mahasiswa dan Launching KIP Kuliah.

“KIP Kuliah merupakan bentuk affirmasi negara kepada anak bangsa yang kurang mampu, agar meningkat keejahteraannya di masa depan,” ujar Mantan Ketua I SEMA IAIN Walisongi ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER