Pembangunan UIII Dikebut, Jokowi Berharap jadi Kampus Masa Depan Dunia Islam

Pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di kawasan Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

MONITOR, Depok – Pemerintah saat ini tengah disibukkan membangun sebuah Kampus megah yakni Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). Pembangunan kampus ini terletak di kawasan Komplek RRI Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Kampus tersebut akan diorientasikan sebagai Proyek Strategis Nasional. Untuk itu, pemerintah berharap pembangunan kampus ini bisa rampung pada bulan Desember 2020.

“Satu tahun lagi,” kata Jokowi, dalam keterangan resminya, Senin (2/12).

Orang nomor wahid ini menaruh harapan besar dengan keberadaan UIII nanti. Jokowi ingin mewujudkan impiannya, dimana Indonesia memiliki kampus besar untuk dijadikan sebagai pusat kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia.

“Saya berharap UIII kelak menjadi kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,” terangnya.

Sebagaimana diketahui, Kampus UIII ini dibangun dalam dua tahap dengan biaya Rp1,2 triliun. Dua kementerian berbagi tugas yakni Kementerian Agama membangun gedung rektorat, gedung fakultas dan plaza. Sementara Kementerian PUPR membangun rumah dosen, masjid kampus seluas 5.200 m2, perpustakaan delapan lantai seluas 16.556 m2, serta asrama mahasiswa delapan lantai seluas 12.815 m2 dan lain-lain.

Sementara infrastruktur kawasan dan pagar kelilingnya dikerjakan oleh BUMN Brantas Abipraya. Bangunan Kampus UIII hanya memanfaatkan 20-30 persen dari total luas komplek. Sisanya akan menjadi ruang hijau berupa taman.