Jumat, 27 September, 2024

Terjunkan Ribuan Satgas Biru, Pemprov DKI Siap Tangani Banjir

MONITOR, Jakarta – Intensitas hujan di Jakarta mulai mengalami peningkatan. Pemprov DKI melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI mulai mempersiapkan diri untuk menghalau kemungkinan datangnya terjangan banjir.

“Untuk penanganan banjir kami dari Dinas SDA sudah siapkan ribuan pasukan biru untuk turun di titik dikawasan strategis banjir, “ujar, Kepala Dinas SDA DKI, Juaini Yusuf saat memimpin apel ‘Zero Genangan’ di Kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (30/11).

Menurut Juaini, kawasan Istana Negara dan Kawasan Thamrin dan Sudirman menjadi kawasan khusus dalam penanganan banjir.

“Dalam penanganan banjir, untuk hari ini kita titik beratkan pada pengurasan pada tali air dan mulut air, karena ini sumber adanya genangan jika jalannya air ke saluran terhambat,”terangnya.

- Advertisement -

Menurut Juaini, gerakan ‘zero genangan’ dibarengi adanya penandatanganan fakta integritas di lima wilayah di Jakarta bersama Walikota, Kasudin air lima wilayah DKI, Bina Marga dan Asbang yang dilakukan Jumat (29/11) lalu.

Penandatanganan fakta integritas tersebut dilakukan dengan tujuan, pihak-pihak yang berkepentingan ikut menjaga agar tidak terjadi genangan pada titik strategis di Jakarta, seperti kawasan Istana Negara, Thamrin-Sudirman, Monas dan wilayah yang menjadi kantor kedutaan besar negara lain di ibukota.

“Momen ini kita tunjukan, bahwa SDA memiliki komitmen kuat dalam mengantisipasi banjir di Jakarta. Kita melaksanakan tugas tanpa harus diperintah. Pasukan Biru tidak perlu ragu, jika ada genangan harus bertindak cepat,”tegas Juaini.

Mudah-mudahan ini menjadi ibadah. Insya Allah, segenggam lumpur, yang kami bersihkan bakal menjadi segenggam berlian di akherat kelak, “sambungnya.

Mantan Kasudin Bina Marga Jaktim ini mengatakan, Dinas yang dipimpinnya mempunyai data, ada sekitar lima belas titik yang rawan yang kerap terjadi banjir.

Namun, hal itu sudah dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan pengerukan waduk di sekitar kawasan yang dianggap rawan terjadi genangan.

“Insya Allah jika memang hujan lebat, kita prediksi hanya dalam waktu 20-30 menit, air akan kembali surut,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER