Simposium Internasional Kepala dan Pengawas Sekolah Resmi Digelar

Advertorial

Simposium Internasional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah diselenggarakan di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta pada 27 s.d. 30 November 2019.

MONITOR, Jakarta – Simposium Internasional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Pendidik Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta pada 27 s.d. 30 November 2019.

Kasubdit Kesejahteraan, Penghargaan, dan Perlindungan Eko Budi Hartono mengatakan bahwa dengan resmi digelarnya acara ini, ia berharap dapat memenuhi tantangan dan bermanfaat bagi pengembangan kepemimpinan sekolah untuk masa yang akan datang

“Dalam mengemban tugas dan peran yang sentral dan cukup berat, apalagi dengan adanya tantangan global dan revolusi industri 4.0, diperlukan sarana berkomunikasi dan berinteraksi yang efektif untuk saling memberikan pengalaman dan praktik baik yang dapat menjadi inspirasi bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah, maka digelarlah simposium ini,” ujar Eko, di ballroom Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu Malam (27/11/2019).

Eko pun mengungkapkan dalam simposium ini narasumber yang dihadirkan selain berasal dari dalam negeri juga ada narasumber yang berasal dari Australia dan Filipina.

“Pelaksanaan simposium ini akan diselenggarakan dengan menghadirkan narasumber sebagai pembicara dari negara Australia dan Filipina serta akademisi dan praktisi dari Indonesia. Selain itu juga ditampilkan para kepala sekolah dan pengawas sekolah yang dipilih dari mereka yang telah menunjukkan sejumlah prestasi profesional di bidang tugasnya dari hasil pemilihan hasil praktik baik (best practices) dan pemilihan tenaga kependidikan berprestasi tingkat nasional,” ujarnya.

Tak lupa juga, Eko melaporkan tentang jumlah peserta yang mengikuti simposium ini yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia.

“Peserta simposium ini adalah para kepala sekolah dan pengawas sekolah yang berasal dari 34 provinsi dengan jumlah 398 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan pengawas sekolah berprestasi tahun 2019, ketua MKKS/KKKS, ketua MKPS/KKPS, Wakil Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI), serta Wakil Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI),” ungkapnya.

“Tema yang diusung  pada simposium ini yaitu “Innovative School Leadership to Improve Student Learning dan Wellbeing”,” tambahnya.

Dalam simposium ini juga akan diluncurkan buku kumpulan artikel terbaik yang berisi inovasi kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam menjalankan tugasnya. Dengan peluncuran buku ini nantinya dapat menjadi referensi bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam mengembangkan kualitas pendidikan di sekolah.