Jumat, 19 April, 2024

Bertemu Peneliti Indonesia di Korsel, Jokowi Ingatkan untuk Pulang Bangun Negeri

MONITOR, Busan – Presiden Joko Widodo tak dapat menyembunyikan perasaan bangganya saat bertemu dengan para peneliti Indonesia yang berada di Korea Selatan. Ungkapan itu dia sampaikan ketika tiba di Busan pada hari kedua, di sela-sela agenda KTT ASEAN-ROC.

“Saya senang dapat bertemu para peneliti dan ilmuwan Indonesia di negara ini,” ujarnya, Senin (25/11).

“Apa yang mereka sampaikan adalah masukan-masukan segar yang bisa menginspirasi pemerintah dalam mengembangkan rumah besar riset Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional,” terang Jokowi.

Para peneliti dan ilmuwan asal Indonesia itu memiliki beragam latar belakang pendidikan, diantaranya dari teknik kimia, arsitektur, sistem informasi, mitigasi bencana, hingga kesehatan.

- Advertisement -

Jokowi mengatakan, mereka datang dengan menyampaikan gagasan mengenai strategi riset dan inovasi yang lebih efektif dan efisien untuk Indonesia, bukan saja untuk lima tahun, tapi untuk jangka panjang.

“Mereka mengusulkan pembentukan Universitas Riset Indonesia, semacam University of Science & Technology (UST) di Korea Selatan. Juga usulan seperti perlunya percepatan riset dan inovasi di industri, bukan hanya di lingkungan kampus,” terang Jokowi.

“Saya berpesan agar di Korea Selatan ini, mereka melihat, mengamati, lalu nantinya kembali ke Tanah Air, membangun negara kita,” imbuhnya memberikan pesan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER