Jumat, 26 April, 2024

Jokowi: Guru adalah Penggerak Indonesia Maju

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa jasa para guru taak tergantikan oleh apapun, termasuk mesin mutakhir di era saat ini. Ungkapan mendalam itu diungkapkan Jokowi dalam memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh tanggal 25 November ini.

“Guru tidak akan pernah tergantikan oleh mesin secanggih apapun,” ujar Jokowi dalam laman resminya, Senin (25/11).

Bagi Jokowi, guru membentuk karakter anak bangsa dengan budi pekerti, toleransi, dan nilai-nilai kebaikan. Guru juga memiliki peran untuk menumbuhkan empati sosial pada diri anak didik, membangun imajinasi dan kreativitas, serta mengokohkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Guru adalah penggerak Indonesia Maju,” ungkap Jokowi.

- Advertisement -

Meski demikian, Jokowi menginginkan agar para guru di Indonesia mampu mendidik muridnya dengan pola yang menyenangkan. Di era modern ini, Jokowi juga meminta agar guru bisa beradaptasi dan menguasai teknologi dengan cepat seiring perkembangan jaman.

“Dunia berkembang dan berubah cepat, teknologi kian mutakhir. Dan di tengah perubahan itu, para guru dituntut untuk tidak sekadar mengajar, tetapi juga mendidik dengan lebih fleksibel, kreatif, menarik, dan lebih menyenangkan,” tuturnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER