Jasa Marga Ingatkan Tertib Berlalulintas di Tol Lewat Workshop dan Edukasi

22
Foto: Istimewa

MONITOR Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar serangkaian kegiatan workshop dan edukasi untuk pengguna jalan serta para supir truk. Tujuannya yaitu untuk menekan angka kecelakaan lalulintas di Jalan Tol.

Bertempat di Isuzu Training Center, Harapan Indah, Kota Bekasi, Selasa (19/11/19) Atika Dara Pradhita selaku Traffic System Dept Head PT. Jasa Marga (Persero) Tbk menjelaskan bahwa kegiatan tersebeut sudah dua hari ini berlangsung. Salah satu kegiatannya yaitu Safety Driving.

“Pertama worksop, yakni di Jasa Marga Learning Institut di Kantor Pusat Jasa Marga dan perlu diketahui juga bahwa ini adalah tahun ketiga kita mengadakan Jasa Marga tertib lalulintas jadi tiga tahun ini tentunya temanya berbeda-beda,” ujar Atika.

Tahun Pertama, lanjut Atika, kita adakan di ruas tol jagorawi dengan pengguna jalannya fokus kendaraan kecil atau kendaraan pribadi.

“Kedua, kita adakan di Cipularang kita adakan khususnya safety driving untuk pengemudi bus, dan ini adalah tahun ketiga dimana fokus kami di truk,” ungkapnya.

“Kenapa kita temanya mengambil untuk pengemudi truk, karena dilihat dari beberapa kali kecelakaan yang terjadi di jalan tol memang sebagian besar adalah faktor pengemudi, artinya fokus kami, bagaimana menciptakan pengemudi yang berkeselamatan di jalan tol. Selain itu juga dari data yang kami peroleh sampai dengan September ini ternyata ada 46 persen kejadiaan kecelakaan melibatkan kendaraan angkutan barang,” kata Atika.

Jadi kegiatan hari ini dan besok termasuk Talkshow diadakan bersama stekholder yang tadi sudah disebutkan.

Sesuai dengan berapa minggu lalu Jasa Marga sudah menandatangani MoU nota kesepahaman pengamanan dan penegakan hukum di jalan tol terkait juga untuk penegakan/pelanggaran ODOL.

“Jadi hari ini kita adakan kerja sama dengan Isuzu Center dimana diikuti oleh 41 peserta yang di antaranya mereka adalah bagian dari Asosiasi Pengusaha Truk dan juga Asosiasi Pengusaha Semen, sekitar 15 perusahaan yang terlibat dalam Safety Drive Workshop hari ini dilanjut besok dua hari berikutnya di Rest Area KM 39 Jakarta-Cikampek dan hari Kamis di Purbalenyi di Rest Area KM 88,” jelasnya.

Atika mewakili Jasa Marga mengungkapkan bahwa saat ini memang sedang fokus di dua ruas Cikampek dan Purbalenyi, karena memang paling banyak dilalui truk, yaitu di Cikampek.