Sabtu, 20 April, 2024

Sesjen MPR: Peran Humas Dalam Sosialisasi Empat Pilar Sangat Penting

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sesjen) MPR RI Ma’ruf Cahyono mengatakan bahwa sosialisasi Empat Pilar bisa dilakukan lebih massif dan sampai ke generasi milenial, hingga kelapisan masyarakat pada umumnya.

Sehingga, peran penting keberadaan hubungan masyarakat (Humas) di Kementerian atau Lembaga dalam mendukung dan melaksanakan sosialisasi perlu disinergikan.

Hal itu disampaikan Ma’ruf pada Forum Tematik Bakohumas bertema ‘Peran MPR dalam Memasyarakatkan Nilai-Nilai Empat Pilar Agar Terinternalisasi di Kalangan Milenial’, di Ruang Delegasi Plaza Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (19/11). 

“Dalam Bakohumas ini didiskusikan sekaligus komitmen untuk bahu membahu melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR melalui kementerian dan lembaga masing-masing,” kata Ma’ruf.

- Advertisement -

“Sebab, kementerian dan lembaga tidak hanya berada di tingkat pusat, tapi juga mempunyai entitas kehumasan di daerah baik di provinsi, kabupaten, maupun kecamatan,” tambahnya.

Menurut Ma’ruf, MPR mempunyai tugas penting sebagaimana diamanatkan UU No. 17 Tahun 2014 untuk pemasyarakatan dan mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. 

MPR, sambung dia, telah melakukan dengan berbagai metode yang terus disesuaikan dan sasaran segmen masyarakat seperti Lomba Mewarnai Empat Pilar untuk siswa SD, Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR tingkat SLTA, outbound, Bela Negara, Training of Trainers (ToT), seni budaya, hingga dakwah Empat Pilar MPR.

“Pembentukan karakter di kalangan milenial ini perlu mendapat perhatian,” ucapnya.

Dalam kesempatanya itu, Ma’ruf mengharapkan dalam Forum Tematik Bakohumas ini menghasilkan dua output. Pertama, hubungan antara kehumasan MPR dengan kehumasan instansi lain akan lebih bersinergi, yang ditindaklanjuti dengan kerjasama nantinya.

Kedua, papar dia, visi misi MPR bisa dipahami sehingga baik content maupun metode yang disampaikan akan saling mendukung. 

“Dengan demikian upaya sosialisasi Empat Pilar MPR akan lebih efektif bersama kementerian dan lembaga lain. Hasil ini akan terus ditindaklanuti untuk memperkaya materi dan metode sosialisasi Empat Pilar MPR,” pungkas dia. 

Dalam Forum Tematik Bakohumas ini digelar diskusi dengan menghadirkan narasumber Sesjen MPR Ma’ruf Cahyono dan Kepala Biro Humas MPR Siti Fauziah, serta dipandu Plt Kabag Pemberitaan, Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Budi Muliawan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER