Kamis, 25 April, 2024

Sekjen Kemendes ajak Komunitas Kagama Berkontribusi Bangun Desa

MONITOR, Denpasar – Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi mengharapkan komunitas Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) mampu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan di pedesaan.

“Kita yakin Kagama mampu memberikan kontribusi yang signifikan pada terwujudnya Kagama seperti yang dicita-citakan. Kagama ke depan haruslah menjadi rumah besar yang selalu dirindukan semua anggotanya. Selamat atas terpilihnya kembali Ganjar Pranowo sebagai Ketum dan selamat bekerja bagi tim formatur yang terpilih,” saat menghadiri Musyawarah Nasional Kagama XIII di Hotel Ina Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, Jumat (15/11/2019).

Dalam Munas Kagama XIII, Ganjar Pranowo telah kembali terpilih menjadi Ketua Umum (ketum) Kagama periode 2019-2024.

Dalam sidang komisi, muncul 2 nama lain yang diusulkan sebagai kandidat caketum selain Ganjar, yaitu Sekjen Kemendes PDTT Anwar Sanusi yang merupakan Alumni Fisipol UGM dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Kemudian dua caketum ini bermufakat untuk memilih Ganjar sebagai Ketua Umum.

- Advertisement -

Selain Budi Karya Sumadi yang sudah menduduki jabatan sebagai Ketua Harian di dalam kepengurusan sebelumnya, muncul nama baru, Anwar Sanusi dalam bursa kepengurusan. Saat ini Anwar Sanusi adalah Sekretaris Jenderal untuk Kementerian Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, yang mulai menjabat sejak 29 Mei 2015 hingga sekarang.

Sosiolog muda dari UGM, Arie Sujito, mengatakan, Pasca Munas Kagama memiliki tantangan besar, mendorong agar para alumni UGM bisa berkontribusi strategis untuk bangsa.
Itu artinya, para pengurus kedepan harus memiliki komitmen besar, menggalang energi menopang kerja dan agenda kebangsaan.

“Dengan tanggung jawab itu maka, pengurus Kagama harus mencerminkan semangat keberagaman dan memiliki komitmen membawa Kagama sebagai organisasi alumni yang maju, disegani dan pro rakyat,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER