Jumat, 26 April, 2024

Jelang Munas Golkar, Pengamat: Caketum Golkar Harus Amati Peta Pemilik Suara

MONITOR, Jakarta – Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan bahwa calon kandidat ketua umum (Caketum) Golkar belum tentu terpilih meski mendapat dukungan dari mayoritas DPD tingkat I yang hanya berjumlah 34.

Ia mengatakan peta politik dalam pemilihan Ketum Golkar di musyawarah nasional (Munas) Desember nanti cenderung ditentukan oleh pemilik suara di DPD tingkat II atau Kabupaten/Kota yang berjumlah 514.

“Jadi, kalau ada kandidat ketua umum yang sudah sangat percaya diri terpilih, karena didukung mayoritas DPD I, jelas hal tersebut keliru,” kata Pangi kepada wartawan, di Jakarta, Senin (18/11).

Ia pun mengingatkan, ketika Munas Golkar 2004 lalu menjadi bukti nyata kekuatan DPD II, dimana kala itu Akbar Tandjung sudah sangat percaya diri lantaran telah memegang penuh kekuatan suara dari DPD tingkat I.

- Advertisement -

“Tapi, justru Jusuf Kalla gencar gerilya ke DPD II yang memiliki suara jauh lebih banyak, dan pada akhirnya bisa menumbangkan Akbar,” paparnya.

Pengalaman pada 2004 tersebut, imbuh Pangi, menjadi gambaran bagaimana Munas Golkar selalu dinamis, dengan soliditas DPD II sebagai faktor penentu pemenangan para Caketum nantinya.

“DPD II selalu menjadi silent majority yang ketika solid mendukung seorang calon tertentu, sangat bisa membalikkan keadaan awal yang sebelumnya didominasi vocal minority seperti DPD I,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER