Kamis, 18 April, 2024

Desak Pemerintah Cegah Serangan Israel, Puan Maharani: Kecaman saja tak cukup

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah konkrit dalam rangka mencegah serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina. Puan menilai, kecaman atas serangan Israel saja tidak cukup.

Ia mengatakan, Indonesia harus berinisiatif menggalang solidaritas sesama negara muslim untuk menekan Israel agar mematuhi penyelesaian damai Palestina berdasarkan konsep two – state solution.

“Kemarin waktu ketemu Menlu Maroko, saya menekankan pentingnya dukungan terhadap negara Palestina dengan meningkatkan solidaritas sesama negara muslim,” ujar Puan menceritakan pengalamannya bertemu Menlu Maroko Nasser Bourita di Jakarta, pada 28 Oktober 2019 lalu.

Politikus PDI Perjuangan ini juga meminta pemerintah memanfaatkan posisinya sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB yang menjadi bagian dari proses perumusan kebijakan dalam menjaga perdamaian dan keamanan internasional. Hal itu sebagaimana mandat Piagam PBB.

- Advertisement -

“Angkat terus isu kemerdekaan Palestina dalam sidang-sidang di PBB sambal melobi negara-negara lain,” tegas dia.

Dalam kesempatannya itu, Puan mengingatkan bahwa Indonesia sudah mendukung kemerdekaan Palestina sejak masa Presiden Soekarno dulu. Prinsip politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif mewajibkan pemerintah Indonesia untuk bersikap pro-aktif membela dan menghapuskan adanya penjajahan di muka bumi sesuai amanat Pembukaan UUD 1945.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengecam serangan militer Israel ke Jalur Gaza. Serangan tersebut diketahui telah menyebabkan sedikitnya 34 warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak meninggal dunia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER