Kenang Benyamin Sueb, Pemprov DKI Gelar Pesona Budaya Betawi

15
Pagelaran Budaya Betawi (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta mendukung pelestarian budaya Betawi dengan menghadirkan Pesona Seni Budaya Betawi. Acara berlangsung pada Jumat malam (15/11) di halaman Balaikota Jakarta. Pesona Seni Budaya Betawi hadir atas kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan Yayasan Benyamin Suaeb.

Acara ini sekaligus mengenang tokoh Benyamin Suaeb dan menampilkan berbagai seni budaya Betawi, mulai dari Tari Topeng, lagu-lagu Betawi seperti Jali-Jali, Ondel-Ondel, dan Keroncong Kemayoran. Acara ini digelar mulai pukul 18.00 sampai pukul 21.00 WIB.

“Acara ini bisa dinikmati masyarakat Jakarta dengan membawa keluarganya, tetangganya, keponakannya, atau siapa yang dia kehendaki supaya bisa berlibur di Jakarta, atau turis-turis domestik maupun turis-turis lokal yang punya waktu berlibur di Jakarta,” tutur Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah, di Balairung, Balaikota Jakarta, pada Jumat (15/11).

Di samping itu, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Asiantoro, menyampaikan, rangkaian Pesona Budaya Betawi telah diselenggarakan sejak minggu kedua Oktober dan ditargetkan diadakan rutin setiap bulan.

“Kami memulai dengan menampilkan pertunjukan Pencak Silat di Balaikota Jakarta bulan Oktober lalu,” ujar Asiantoro.

Asiantoro menyebut, penyelenggaraan ini merupakan bentuk nyata kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan berbagai komunitas seni dan budaya. “Kita memberikan ruang bagi komunitas seni untuk menampilkan karyanya di Balaikota. Kami berharap, penampilan di Balaikota menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Jakarta, sehingga disaksikan lebih banyak orang,” tutupnya.