Jumat, 19 April, 2024

HUT Brimob, Ini Harapan Komisi III DPR ke Korps Tertua di Polri

MONITOR, Jakarta – Korps Brimob terus meningkatkan keunggulannya sebagai pasukan elite Polri.

Hal ini tidak lepas dari kian tingginya harapan masyarakat untuk menikmati kehidupan yang aman dan jauh dari segala gangguan keamanan, termasuk aksi terorisme.

Demikian harapan yang disampaikan Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (15/11).

Menurut Herman, perjalanan sejarah telah memperlihatkan betapa Brimob sebagai salah satu korps tertua di tubuh Polri telah ambil bagian dalam berbagai upaya menanggulangi gerakan yang hendak merongrong NKRI.

- Advertisement -

“Tantangan sejenis masih dihadapi saat ini dalam rupa terorisme domestik. Karenanya, Brimob harus terus meningkatkan kompetensinya sehingga tetap menjadi pasukan andalan dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat,” sebut dia.

Dikatakan dia, saat ini, aksi terorisme masih terus menjadi ancaman yang meresahkan bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air. Terakhir, bom bunuh diri yang meledak di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11).

“Brimob harus turut memastikan bahwa tidak ada lagi ruang bagi tindakan terorisme dalam bentuk apa pun di dalam Indonesia,” kata politisi senior PDI Perjuangan asal Nusa Tenggara Timur itu.

Masih dikatakan dia, peningkatan profesionalisme menjadi cara terbaik bagi Brimob untuk meredam kritik terkait cara penanggulangan aksi demonstrasi.

Menurutnya, profesionalisme inilah yang menjadi penanda kualitas Brimob sebagai pasukan unggulan.

“Anggota Brimob tentu harus selalu bertindak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur), protap, dan garis komando, termasuk saat menghadapi aksi anarkisme dalam kegiatan unjuk rasa.”

“Kedisiplinan mematuhi aturan-aturan serta kesetiaan untuk tetap menjaga hak asasi pelaku itulah yang menandai kualitas anggota Brimob sebagai orang-orang unggulan,” tutur Herman.

“Meski tetap tegas dan terukur dalam menjaga Kamtibmas, pada usianya yang ke-74 ini Brimob juga harus senantiasa memperlihatkan wajahnya yang humanis kepada masyarakat. Selamat ulang tahun, Korps Brigade Mobil kebanggaan Indonesia,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER