Jumat, 26 April, 2024

Peringati Maulid Nabi, Khofifah Ajak Masyarakat Teladani Rasulullah

MONITOR, Surabaya – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat Jawa Timur untuk meneladani empat sifat Rasulullah Muhammad SAW di era post truth dan disrupsi seperti saat ini. Menurutnya, empat sifat teladan umat muslim itu akan mampu menangkal dampak negatif dan memperbaiki komunikasi di era pasca kebenaran dan disrupsi.

“Jika Rasulullah memiliki sifat ash shiddiq (benar) maka pada era postruth mencari kebenaran sejati harus dilakukan lebih serius mengingat eranya penuh hoax (kebohongan),” pesan gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini, dalam memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Robiul Awwal, dan jatuh pada Sabtu (9/11).

“Jika Rosulullah hadir untuk menyempurnakan budi pekerti yang mulia (akhlaqul karimah) maka hari ini eranya disrupsi (nilai- nilai tercabut dari akarnya),” ujarnya melanjutkan.

Begitu juga sifat Nabi Muhammad tabligh (menyampaikan), fathonah (cerdas) dan amanah (dapat dipercaya). Sifat Nabi Muhammad SAW ini harus menyatu diteladani dalam kehidupan sehari-hari. Yakni dengan cara menyampaikan yang benar, dan juga cerdas dalam menerima dan menyaring informasi yang ada.

- Advertisement -

Oleh karena itu, kata Khofifah, pekerjaan rumah seluruh warga bangsa saat ini adalah membangun karakter bangsa dan melakukan revolusi mental. Ia menyebut momentum kelahiran Nabi Muhammad merupakan momentum yang tepat untuk menyempurnakannya.

“Bersama-sama mari kita mencari format komunikasi yang paling tepat di era post truth dan disrupsi ini. Hal ini penting, karena semakin banyak orang yang tidak tahu harus berpegang kebenaran pada apa dan siapa,” tutur mantan Menteri Sosial ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER