Kamis, 25 April, 2024

Ketua DPD Minta Senator Angkat Persoalan Daerah ke Tingkat Nasional

MONITOR, Jakarta – Ketua DPD La Nyalla Mattalitti meminta agar semua senator untuk lebih jeli dalam melihat persoalan di daerah. 
Termasuk, sambung dia, mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional.

“Saya menekankan kepada seluruh senator untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Bukan sebaliknya, membawa isu nasional ke daerah,” kata La Nyalla, Sabtu (2/11).

Dalam kesempatannya, La Nyalla mengingatkan DPD lahir dari konsensus politik nasional untuk memperkuat fungsi perwakilan daerah di tingkat nasional. Untuk itu, DPD harus bisa menjembatani kepentingan daerah dengan kebijakan nasional.

“Sekaligus memberi peran yang lebih besar kepada daerah dalam pengambilan keputusan politik yang berkaitan langsung dengan daerah,” paparnya.

- Advertisement -

Ia pun ingin komunikasi lembaga DPD lebih cair dengan lembaga negara lain. Terutama, dengan pemerintah demi dalam mempercepat pembangunan di daerah.

Bahkan, La Nyalla mengatakan Presiden Joko Widodo sudah menyatakan akan menjalankan konsep pembangunan dengan pendekatan Indonesia sentris. Artinya, pembangunan ingin dilakukan secara merata, tidak hanya di Pulau Jawa.

“Karena sejatinya, wajah Indonesia adalah wajah dari 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap semua anggota DPD mampu melihat, mencermati, mengidentifikasi, dan menemukan jalan keluar atas persoalan di daerah. Setelah itu, dapat disampaikan dengan baik kepada pemerintah sebagai masukan.

“Untuk itu kita membutuhkan peran media massa sebagai medium katalisator agar persoalan tersebut segera tertangani,”pungkas dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER