Idham Aziz Disetujui jadi Kapolri, DPR Akan Gelar Rapat Paripurna

Komjen Idham Aziz dipercaya oleh Komisi III DPR sebagai Kapolri (dok: Beritasatu)

MONITOR, Jakarta – Komisi III DPR RI secara aklamasi menyetujui Kabareskrim Komjen Polisi Idham Aziz sebagai Kapolri. Persetujuan itu diambil setelah komisi melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan).

Hal ini disampaikan Ketua Komisi III DPR Herman Herry, di Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (30/10).

“Jadi, Komisi III DPR RI secara aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri,” kata Herman.

Dalam kesempatan itu, Herman mengatakan bahwa pihaknya akan segera bersurat kepada pimpinan dewan untuk kemudian diagendakan rapat paripurna untuk menyetujui hasil fit and proper test tersebut.

Seperti diketahui, dalam fit and proper test, calon Kapolri Komjen Pol Idham Aziz dihadapan komisi bidang hukum dan HAM memaparkan beberapa konsep yang akan diaplikasikan seandainya diberi amanat untuk memimpin Korps Bhayangkara.

Setidaknya, ada tujuh program prioritas seandainya dirinya dipercaya menjadi Kapolri. Yakni, mewujudkan SDM unggul, Pemantapan Harkamtibnas, Penguatan Gakum yang profesional dan berkeadilan, Pemantapan manajemen media, Penguatan sinergisitas polisi, Penataan kelembagaan, terakhir Penguatan pengawasan.

“Jika diberikan kepercayaan amanah sebagai Kapolri, saya akan melakukan program penguatan Polri yang Promoter yang diimplementasikan kedalam 7 program prioritas,” pungkasnya.