Puan Maharani: Pemuda Milenial Harus Jaga Semangat Sumpah Pemuda

Ketua DPR RI Puan Maharani (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan, Sumpah Pemuda 1928 harus menjadi titik awal dari sebuah proses panjang menuju Indonesia yang merdeka.

Terlebih lagi, menurut dia, saat itu para pemuda dari berbagai suku melepaskan ego primordialnya, untuk memutuskan bergabung ke dalam sebuah entitas bangsa yaitu Indonesia.

“Kalau istilah anak sekarang, para pemuda dari berbagai suku saat itu berkolaborasi menciptakan nilai baru, yakni persatuan Indonesia tanpa menghilangkan identitas masing-masing,” kata Puan dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin (29/10).

Dalam kesempatannya, Puan berpesan agar generasi muda saat ini menjaga nilai-nilai dan semangat Sumpah Pemuda 1928.

“Sudah sejak 91 tahun lalu, para pendahulu kita berikrar untuk satu tanah air, bangsa, satu Bahasa yakni Indonesia. Karena itu tugas kita menjaga NKRI dengan segala ke-Bhinekaannya,” imbuhnya.

Politisi PDI-Perjuangan ini juga mengimbau para pemuda untuk terus meng-upgrade dirinya dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan. Sehingga, imbuh dia, para pemuda akan terus menjadi generasi yang relevan di segala zaman.

Tidak lupa, Puan meminta generasi muda mengingat pesan Bung Karno agar terus berpikir dan berimajinasi agar mempunyai konsepsi besar, mempunyai keberanian dan terus berdinamika.

“Mereka yang mempunyai imaginasi akan menjadi penentu sejarah,” pungkas legislator dapil Jawa Tengah V itu.