Sabtu, 20 April, 2024

Bikin Gebrakan Baru, Dishub DKI Akan Bangun Jalur Khusus Sepeda

MONITOR, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta rupanya tidak main-main dalam memfasilitasi sarana prasarana jalur sepeda di Ibukota. Buktinya, melalui Dinas Perhubungan kabarnya sudah mengajukan anggaran kurang lebih sekitar Rp 73,7 miliar untuk membangun jalur sepeda di tahun depan.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya telah mengusulkan penambahan anggaran pembangunan jalur sepeda dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2020 sebesar Rp 69,2 miliar dari anggaran semula pembangunan jalur sepeda hanya Rp 4,4 miliar.

Artinya, kata dia, anggaran tersebut naik menjadi Rp73,7 miliar. Anggaran tersebut pun diusulkan melalui nomenklatur pemeliharan prasarana rekayasa lalu lintas Dishub tahun 2020.

“Kenaikan anggaran itu untuk pemeliharaan prasarana lalu lintas, penambahan jalur sepeda sepanjang 49 kilometer,” ujarnya di Gedung DPRD DKI Jakarta.

- Advertisement -

Menurut Syafrin, moda transportasi yang diharapkan terintegrasi dengan jalur sepeda yakni stasiun kereta Moda Raya Terpadu (MRT), KRL, kereta Lintas Rel Terpadu (LRT), dan Halte (shelter) Transjakarta.

“Saya harap dengan begitu, masyarakat pengguna sepeda bisa melanjutkan perjalanan pakai transportasi umum,” imbuh Syafrin.

Tak hanya itu, Syafrin juga berencana menambah marka atau rambu-rambu agar masyarakat yang menggunakan sepeda merasa lebih nyaman saat mengaspal di jalan raya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER