11 Menteri Lama Masih Bertengger di Kabinet Jokowi Jilid II

20
Presiden Jokowi memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara (dok: kompas)

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan nama-nama menteri yang mengisi Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10) pagi. Setidaknya ada sekitar 11 nama menteri yang kembali menjabat dalam komposisi kabinet yang dibawahi Jokowi-Ma’ruf Amin untuk lima tahun kedepan.

Dari pengamatan yang dilakukan terhadap sejumlah nama yang diumumkan Presiden Jokowi secara resmi, di Istana Negara, Rabu (24/10), nama-nama tokoh yang mengisi pos kementerian yang sama yakni, Pratikno sebagai Menteri Sekretaris Negara, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, Siti Nurbaya sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, nama politikus PDI Perjuangan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet, Basuki Hadimuljono sebagai Menteri PUPR, Moeldoko kembali sebagai Kepala Staf Kepresidenan, Budi Sumadi sebagai Menteri Perhubungan, dan Retno Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri.

Tidak hanya itu, nama Luhut Panjaitan juga kembali menjabat sebagai Menko bidang Kemaritiman dengan penambahan nomenklatur baru di kementeriannya, yakni soal Investasi, Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM, dan Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.

Jokowi pun berharap, para menterinya baik yang lama maupun yang baru, mampu mengemban tugas Negara dengan baik, sesuai dengan visi dan misi Presiden dan Wakil Presidenn RI 2019-2024.