Forum Pejuang NKRI Puji Pembangunan di Era Jokowi

22

MONITOR, Jakarta – Mantan Ketua DPR RI Akbar Tanjung berpandangan bahwa Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi  terlihat lebih maju, terlebih di sejumlah sektor, seperti bidang teknologi ekonomi dan infrastruktur.

Demikian disampaikan Akbar dalam acara Forum Pejuang NKRI dengan tema ‘Negara Indonesia Maju Hanya Oleh Bangsa Indoensia Sendiri”, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (21/10).

Untuk diketahui, acara Sarasehan Akbar Tanjung mengatakan acara Sarasehan kali ini adalah acara yang ketiga kalinya digelar Forum Pejuang NKRI. Tema yang diangkat sebelumnya adalah soal kebangsaan, politik dan sumber daya manusia (SDM) unggul. 

“Kalau yang ini lebih banyak pada Indonesia Maju. Lebih pada bidang teknologi, ekonomi, bidang pembangunan birokrasi, sebagaimana pidato pak Jokowi kemarin,” kata Akbar.

Masih dikatakan dia, dalam tema sarasehan menjadi penting karena negara Indonesia maju hanya bisa dilakukan bangsa Indonesia sendiri.

“Indonesia maju sudah menjadi icon kita, terutama Pak Jokowi sebagai Presiden yang kemarin juga sudah dilantik. Bagaimana menjadikan Indonesia maju ya oleh bangsa Indonesia sendiri,”paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Putera Almarhum Preisden RI ke 3 BJ Habibie, Ilham Habibie yang hadir sebagai pembicara lebih banyak berbicara soal infrastruktur sebagai sebuah negara yang maju.

Ia menilai pembangunan infrastruktur Indonesia di bidang transportasi saat ini sudah sangat baik. Baik itu infrastruktur darat, laut dan udara sehingga hampir seluruh Indonesia terkoneksi.

“Jadi tiga itu sudah kita (…), banyak sekali bandar udara yang baru, di Bali, Balikpapan, semuanya sudah sangat baik. Juga banyak sekali pelabuhan-pelabuhan yang bagus. Ada yang belum selesai tapi semuanya OTW (dalam proses). Begitupun darat, ada jalan tol, Trans Jawa, semuanya sudah terkoneksi,” paparnya.

Kendati infrastruktur sudah lengkap, Ilham mengingatkan pentingnya optimalisasi sistem infrastuktur itu.

“Kalau kita saat ini infrasktur sudah ada, smart city, smart tol, smart airport, smart sea port, ini harus dikoneksikan agar supaya kita memantapkan satu optimalisasi sistem, transporasti,” pungkasnya.