Persiapan Pelantikan Presiden Terus Dilakukan, MPR Gelar Gladi Kotor

Gedung DPR/MPR (doc: monitor.co.id)

MONITOR, Jakarta – Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2019-2024 pada 20 Oktober nanti, sejumlah persiapan terus dilakukan Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) RI.

Salah satunya, yakni menggelar gladi kotor selurus prosesi pelantikan tersebut, yang langsung disaksikan oleh Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono, di Komplek Parlemen, Senayan, Jumat (18/10).

Dari pantauan dilokasi, simulasi pelantikan ini diawali dengan datangnya presiden, wakil presiden, serta wakil presiden terpilih bersama para pimpinan MPR. Kemudian, mereka menempati tempat duduk yang telah disiapkan di panggung.

Tempat duduk untuk Joko Widodo (Jokowi) disiapkan di bagian kanan panggung, sementara tempat duduk untuk Ma’ruf Amin dan Jusuf Kalla (JK) berdampingan di bagian kiri panggung.

Setiap bagian simulasi pelantikan dilakukan oleh para model peraga yang mengenakan nama pengenal yang diperankan, seperti memerankan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta.

Setelah itu, presiden dan wakil presiden terpilih diambil sumpahnya. Keduanya lalu menandatangani berita acara pelantikan dan didampingi oleh seluruh pimpinan MPR.