Politikus Golkar: Proyek Tol Langit Palapa Ring Harus Dioptimalkan

26
Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Dave Akbarshah Fikarno (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Proyek tol langit Palapa Ring akhirnya resmi diluncurkan. Dengan dioperasikannya proyek ini, maka menandai reformasi era analog ke era digital di seluruh wilayah Indonesia.

Anggota DPR RI Periode 2019-2024 Dave Akbarshah Fikarno mengatakan, hadirnya Palapa Ring adalah kunci bagi pemerataan akses telekomunikasi di seluruh Nusantara. Sehingga, kata dia, tidak ada lagi ketimpangan konektivitas antara layanan di wilayah barat dan timur Indonesia.

“Peresmian Palapa Ring ini menggenapi janji Presiden Jokowi tentang program Nawacitanya. Yang paling penting adalah bagaimana ini dioptimalkan dengan masyarakat secara luas, sehingga tidak ada wilayah Indonesia yang tidak ter-cover,” ujar Dave kepada wartawan di Senayan, Selasa (15/10).

Kendati demikian, Politisi Fraksi Partai Golkar ini mengingatkan pemerintah untuk meningkatkan sosialisasi agar perkembangan teknologi informasi harus digunakan dengan bijak dan tepat sasaran.

Dave juga mendorong konektivitas digital hendaknya tidak disalahgunakan dan diikuti dengan peningkatan literasi.

“Seperti kita ketahui, banyak kejadian teroris segala macam itu tersebar melalui media sosial. Media sosial itu bisa berjalan karena ada jaringan komunikasi, jadi pendidikan masyarakat juga harus baik serta pengawadan dari pemerintah untuk sumber-sumber informasi perlu ditingkatkan,” imbuh legislator dapil Jawa Barat VIII itu.