Pemerintah Resmi Luncurkan Palapa Ring

30
Menkominfo RI Rudiantara usai jumpa pers

MONITOR, Jakarta – Pemerintah resmi meluncurkan proyek jaringan tulang punggung kabel optik Palapa Ring, hari ini, Senin (14/10) di Istana Negara, Jakarta. Hal itu diungkapkan Plt.Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ferdinandus Setu.

“Pagi ini jam 10.00 akan diresmikan. Dari Istana Merdeka,” ujar Ferdinandus Setu kepada wartawan.

Sementara itu, Menkominfo Rudiantara mengatakan saat ini terdapat sebanyak 18 perusahaan yang telah mengajukan uji coba. Dua diantaranya yang sedang melakukan uji coba adalah Telkom dan Primacom.

Sebagaimana diketahui, Palapa Ring diklaim sebagai jaringan tulang punggung telekomunikasi nasional yang akan menjangkau 34 provinsi dan 440 kota dan kabupaten di Indonesia.

Palapa Ring terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur. Selain menghubungkan seluruh Indonesia dalam jaringan telekomunikasi, pembangunan Palapa Ring ditujukan untuk mengikis kesenjangan layanan telekomunikasi antara Pulau Jawa dengan daerah lain di Indonesia.

Palapa Ring juga akan merangsang para penyedia layanan telekomunikasi untuk masuk ke daerah-daerah tertinggal. Rangsangan ini disebabkan oleh para penyedia layanan tak perlu membangun tulang punggung jaringan dari nol, sehingga investasi juga tidak sebesar membangun dari nol ketika menggunakan Palapa Ring.