Kasus Wiranto, PDIP Serukan Sistem Pertahanan dan Keamanan Semesta

87
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto (dok: Rangga Monitor)

MONITOR, Jakarta – Insiden penusukan yang alami Menko Polhukam Wiranto, di Pandeglang, Banten oleh orang tidak dikenal terus menjadi sorotan publik.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto misalnya. Ia menilai sudah saatnya sistem pertahanan dan keamanan semesta untu digelorakan kembali.

“PDI Perjuangan merekomendasikan agar sistem pertahanan dan keamanan semesta yang telah mendarah daging, sudah saatnya digelorakan kembali,” kata Hasto dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu (13/10).

Sebab munurut dia, penyerangan yang dilakukan pada siang hari dan terencana tersebut masuk kategori sangat serius, dan harus disikapi bersama, menyeluruh dan melibatkan partisipasi aktif warga masyarakat.

 “Bagaimanapun juga Pak Wiranto adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Dalam diri Beliau melekat seluruh kewenangan, kebijakan dan tanggung jawab terhadap stabilitas politik dan keamanan nasional,” sebut dia.

“Dengan demikian diperlukan keputusan presiden yang bersifat segera, guna memobilisasi seluruh elemen penegak hukum, aparat birokrasi, termasuk Babinsa dan Babinkamtibmas guna melakukan deteksi secara dini terhadap berbagai bentuk ancaman terhadap ideologi, keamanan dan ketentraman masyarakat,” pungkasnya.