Saiful Mujani Ingatkan Arteria: Keputusan Publik Harus Dapat Persetujuan Rakyat

5852
Peneliti senior Saiful Mujani (dok: Merdeka)

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI Arteria Dahlan tampak enggan menerima masukan pihak lain menyoal Perppu KPK. Hal itu terlihat jelas saat dia menjadi narasumber di Mata Najwa ‘Ragu-ragu Perpu’ tadi malam, Rabu (9/10). Politikus PDIP itu merasa paling tahu terkait persoalan RUU KPK.

Pengamat Politik dari UIN Jakarta Saiful Mujani mengingatkan, bahwa seorang anggota DPR tidak hanya pandai bicara, tetapi mendengarkan apa kata orang lain. Pernyataan itu dia lontarkan ketika menyaksikan tingkah Arteria yang kerap mendebat lawan bicaranya.

“Bukan hanya bicara, mendengar orang lain bicara juga penting,” ujar Saiful Mujani mengingatkan, Kamis (10/10).

Selain itu, ia juga mengingatkan bahwa sebagai Wakil Rakyat, maka anggota DPR harus mengakomodir aspirasi rakyat tentang segala keputusan yang dirumuskan di Senayan.

Direktur Eksekutif SMRC itu mengatakan, tanpa sepengetahuan dan persetujuan rakyat, maka DPR jangan asal mengambil sebuah keputusan.

“Anggota DPR/DPRD dan Presiden/ Kepala Daerah itu dipilih dan digaji rakyat, maka jangan lupa bahwa setiap keputusan publik yang mereka buat harus sepengetahuan dan persetujuan rakyat. Itu asas akuntabilitas pejabat publik kalau mau urus negara dengan benar,” jelasnya tegas.