BIN: Penusukan Wiranto terkait Penangkapan Pembawa Bom di Bekasi

1637
Menko Polhukam Wiranto diserang oleh pria tak dikenal di Banten (dok: Polsek Pandeglang)

MONITOR, Jakarta – Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan angkat bicara terkait peristiwa penusukan yang dialami Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto. Budi menduga pelaku ada kaitannya dengan lima orang yang ditangkap membawa bom di Bekasi, Jawa Barat beberapa hari lalu.

“Ini ada kaitannya dengan lima yang kemarin ditangkap di Bekasi beberapa hari lalu. Yang merencanakan membom,” ujar Budi Gunawan, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Terkait penangkapan itu sendiri, BIN kata Budi sudah memprediksi bahwa menjelang pelantikan (presiden, Red) itu memang ada rencana yang ingin dilakukan oleh Jamaah Ansharut Daulah (JAD), khususnya JAD Bekasi.

Budi akan menginstruksikan jajarannya untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan adanya rencana susulan yang dilakukan JAD menjelang pelantikan presiden 20 Oktober 2019 nanti.

“Kita akan terus pantau, khususnya pelaku ini. Dalam waktu bersamaan, satuan tugas gabungan dari BIN dan Densus 88 sedang mengembangkan untuk mengambil yang lainnya,” tegasnya.