Pimpinan MPR Undur Waktu Pelantikan Presiden

20

MONITOR, Jakarta – Pimpinan MPR RI bersepakat bahwa jadwal acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019- 2024 yang akan digelar pada 20 Oktober 2019 besok, akan digelar pada pukul 14.00 WIB.

Dimana, sebelumnya, dijadwalkan pelaksanaan pelantikan akan digelar pada pukul 10.00 WIB.

Demikian disampaikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) didampingi sembilan wakil ketua MPR usai menggelar rapat pembagian tugas pimpinan, di Ruang Rapat, Lantai 9 Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Rabu (9/10).

“Jadwal pelantikan-red dimana ada wacana jam 10, atau jam 4 (sore), dan kita mengusulkan nanti berdasarkan kesepakatan kita bersama jam 2 (14.00) dengan berbagai petimbangan,” kata Bamsoet.

Seperti diketahui, Ketua MPR Bambang Soesatyo sempat mengatakan bahwa waktu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden akan dimundurkan dari waktu sebelumnya.

“Pelantikan dijadwalkan 20 Oktober 2019, karena itu hari Minggu tentu kita harus menghargai saudara kita yang beribadah pagi harinya dan juga ada masyarakat yang ingin berolahraga di car free day (CFD), jadi kita langsungkan sore harinya, dan usulan ini sudah disetujui,” kata Bamsoet di rumah dinasnya, Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Selasa (8/10).

Rencananya, pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilangsungkan pukul 16.00 WIB. Dengan begitu, rekayasa lalu lintas sejumlah ruas jalan di Jakarta akibat pelantikan tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat umum pada pagi hari.