Aksi Beli Selektif Topang Penguatan IHSG

Ilustrasi IHSG (Foto: Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Aksi beli selektif yang dilakukan pelaku pasar menjadi pemicu penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan Rabu ini (9/10) sebesar 21,11 poin.

“IHSG dibuka rebound, namun tetap waspada ditengah pasar yang masih minim sentimen positif,” ungkap Riset PT Samuel Sekuritas di Jakarta.

Pada pembukaan perdagangan sesi Rabu ini, IHSG menguat 21,11 poin (0,35 persen) ke posisi 6.021,69. Sedangkan indeks saham unggulan 45 menanjak 6,22 poin (0,67 persen) menjadi 937,26.

Untuk kondisi global, bursa AS pada perdagangan semalam ditutup melemah, dimana Indeks Dow Jones terkoreksi 0,36 persen, S&p turun 0,45 persen dan Nasdaq melemah 0,33 persen.

Pelaku pasar menanggapi kemungkinan tercapainya kesepakatan dagang AS dan Tiongkok yang semakin kecil dimana, Tiongkok menolak perjanjian dagang yang ditawarkan AS.

Pelaku pasar juga masih akan mencermati negosiasi dagang AS-Tiongkok yang masih alot dan data Caixin PMI sektor jasa Tiongkok yang akan rilis hari ini. 

Selain itu agenda penting berikutnya adalah pidato Gubernur The Fed Jeremy Powel pada Rabu malam WIB dan data inflasi AS pada Kamis malam WIB.