Tarung di Pilwakot Solo, Gibran Kena Sindiran Rachel Maryam

1110
Politisi Gerindra Rachel Maryam Sayidina (dok: IG)

MONITOR, Jakarta – Keinginan Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pemilihan Calon Walikota Solo menuai sorotan tajam. Gibran, yang merupakan pengusaha kuliner martabak ‘Markobar’ ini dulu sempat sesumbar dirinya tidak akan memiliki hasrat untuk terjun ke dunia politik seperti bapaknya.

Namun siapa sangka, kini putra sulung Joko Widodo itu memantapkan diri untuk bertarung di panggung politik. Seperti bapaknya, Gibran pun memberanikan diri untuk nyalon di Pilwakot Solo 2020 melalui PDI Perjuangan.

Beragam tanggapan pun mengalir, ada yang mendukung pencalonan suami Selvi Ananda itu, ada pula yang menentangnya. Politikus Gerindra Dahnil Anzar Simanjuntak misalnya, ia mendukung penuh niat pengabdian putra Jokowi tersebut jika memang memiliki kapasitas mumpuni.

Berbeda dengan rekannya sesama partai, Rachel Maryam, justru meragukannya. Rachel menyindir sikap Gibran yang tak jauh beda dengan Jokowi di masa lampau.

Politikus berlatar artis ini mengingatkan, dulu Jokowi pernah sesumbar tidak akan maju di Pilpres 2014 ketika dirinya masih mengemban amanah sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun, rupanya Jokowi ‘kepincut’ dan memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon Presiden bersama Jusuf Kalla.

“Dulu juga ketika masih jadi Gubernur DKI ayahnya pernah bilang gak mikir copras capres dan mau konsentrasi menyelesaikan tugas sebagai gubernur selama 5 tahun. Rupanya bukan hanya penyakit diabetes saja yang bisa menurun,” sindir Rachel Maryam, Selasa (8/10).