Sabtu, 20 April, 2024

Jokowi dan Said Aqil Siroj Masuk Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia, Ini Kata PBNU

MONITOR, Jakarta – Pusat Studi Strategis Islam Kerajaan Jordania menobatkan Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj sebagai Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia.

Diketahui, sebelumnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu masuk di peringkat ke-15, kini naik menjadi urutan 13. Sementara Said Aqil Siroj menjadi muslim paling berpengaruh di dunia di urutan ke-19, naik satu peringkat dibanding satu tahun sebelumnya.

Hal ini pun mendulang apresiasi dari Ketua PBNU Robikin Emhas. Ia bangga sekaligus mengajak umat Muslim di Indonesia patut bersyukur atas penghargaan yang telah diberikan oleh masyarakat internasional tersebut.

“Kita bersyukur Presiden Jokowi yang memimpin negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia ini terbesar di dunia ini diapresiasi dunia. Demikian juga dengan KH Said Aqil Siroj. Pemimpin ormas Islam dengan jumlah anggota 98,9 juta orang ini untuk kesekian kalinya diakui kiprahnya oleh masyarakat dunia,” ujar Robikin Emhas, Minggu (6/10).

- Advertisement -

Robikin mengakui, pemimpin negara terpilih apalagi yang memimpin Indonesia, memiliki tugas yang sangat besar mulai dari mengelola pemerintahan hingga mengorganisir penduduk yang mendiami negara tersebut.

“Kita tahu tidak mudah mengelola pemerintahan dan organisasi di negara dengan 17.504 pulau, 1.340 kelompok etnik dan suku bangsa dan 642 bahasa daerah,” kata Robikin.

Dengan adanya penghargaan itu, kata Robikin sosok Jokowi dan Said Aqil telah membuktikan nilai-nilai pluralitas dalam memimpin Indonesia, baik mengelola kemajemukan sebagai suatu kekuatan.

“Mengedepankan sikap moderat dan toleran adalah kunci agar harmoni sosial terawat dengan baik. Hemat saya Presiden Jokowi dan KH Said Aqil Siroj telah membuktikan semua itu,” tegasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER