Bupati dan Pejabat Lampung Utara Kena OTT KPK, Tujuh Orang Diamankan

87
Juru Bicara KPK Febri Diansyah (net)

MONITOR, Jakarta – KPK kembali melakukan aksi Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada Kepala Daerah dan sejumlah pejabat daerah. Kali ini, OTT dilakukan terhadap Bupati Lampung Utara, Minggu, 8 Oktober 2019 malam.

Totalnya, ada tujuh orang yang diamankan dalam operasi senyap tersebut. Hal tersebut dikatakan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

“Sampai pagi ini, total yang diamankan tim KPK berjumlah 7 orang,” ujar Febri, kepada wartawan, Senin (7/10).

Tujuh orang tersebut terdiri dari Bupati Lampung Utara, dua Kepala Dinas, Pejabat Pemkab Lampung Utara, serta pihak swasta. Ketujuh orang tersebut sedang dibawa oleh tim ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Tujuh orang tersebut langsung dibawa ke Jakarta melalui jalur darat. Tadi telah sampai di Pelabuhan. Berikutnya dilakukan perjalanan menyeberangi selat sunda dan dibawa ke kantor KPK di Jakarta untuk proses lebih lanjut,” terangnya.

‎‎Selain mengamankan tujuh orang, tim juga menyita uang Rp600 juta dalam operasi senyap tersebut. Uang yang diamankan tersebut diduga merupakan suap untuk Bupati Agung Ilmu Mangku Negara terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag dari seorang rekanan.

KPK mempunyai waktu 1×24 jam untuk menentukan status hukum pihak-pihak yang diamankan tersebut. Rencananya, KPK akan menggelar konpers untuk mengumumkan status pihak-pihak yang diamankan serta kronologi OTT di Lampung Utara.