Jokowi Tunjuk Darmin Nasution Gantikan Puan Maharani sebagai Plt Menko PMK

Presiden Joko Widodo bersama Menko Perekonomian Darmin Nasution (net)

MONITOR, Jakarta – Sepeninggal Puan Maharani dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), kursi Menko kosong. Ya, diketahui putri Megawati Soekarnoputri itu pamit untuk dilantik sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 dan diamani sebagai Ketua DPR.

Kondisi ini juga terjadi di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM yang awalnya dipimpin oleh Yasonna Laoly. Melihat kekosongan kursi tersebut, Presiden Joko Widodo pun segera menunjuk sosok pengganti Puan dan Yasonna.

Jokowi kemudian menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), juga menunjuk Menko Perekonomian Darmin Nasution sebagai Plt. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Darmin menggantikan Puan Maharani yang resmi mengundurkan diri dari jabatannya menyusul terpilihnya dirinya sebagai salah satu anggota DPR RI periode 2019-2024.

Penunjukan Darmin Nasution sebagai Plt. Menko PMK berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 100/P Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Selama beberapa waktu ke depan, Darmin Nasution akan menjalankan tugas-tugas Menko PMK sekaligus tetap menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian