Puan Maharani Resmi Dilantik jadi Ketua DPR

Puan Maharani telah dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 (dok: DPR)

MONITOR, Jakarta – Rapat paripurna DPR RI yang dipimpin oleh pimpinan sementara Abdul Wahab Dalimunthe dari Fraksi Demokrat mengesahkan Puan Maharani sebagai ketua DPR periode 2019-2024.

Sebelumnya, terlebih dahulu, Abdul Wahab membacakan hasil keputusan rapat konsultasi yang telah digelar hari ini. Berdasarkan rapat, ditetapkan 5 pimpinan DPR 2019-2024.

Ketua dan Wakil Ketua DPR 2019-2024 dipilih berdasarkan hasil Pileg 2019. Partai yang berhak mendapat kursi pimpinan DPR adalah PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, dan PKB. PDIP berhak mendapatkan jatah kursi Ketua DPR karena keluar sebagai pemenang Pemilu 2019.

“Sesuai hasil rapat konsultasi, bahwa pimpinan DPR RI adalah sebagai berikut,” kata dia dari meja pimpinan sidang paripurna, Selasa (1/9).

“Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI,” paparnya.

Selanjutnya, Abdul Wahab pun meminta persetujuan dari peserta sidang apakah keputusan itu dapat disetujui.

“Apakah dapat disetujui?” kata Abdul Wahab.

“Setuju,” jawab hadirin. Abdul Wahab kemudian mengetuk palu tanda pengesahan.