Puan Maharani Akui Dirinya Diusulkan PDIP jadi Ketua DPR

Anggota DPR RI terpilih dari Fraksi PDIP Puan Maharani (foto: Rizal/Monitor)

MONITOR, Jakarta – Anggota DPR RI sekaligus Putri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, membenarkan bahwa namanya telah diusulkan sebagai calon ketua DPR RI periode 2019-2024 mendatang.

“Memang betul PDI Perjuangan sudah mengusulkan nama Puan Maharani sebagai Ketua DPR,” kata Puan dalam acara konfrensi persnya, di ruang rapat Fraksi PDIP, di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (1/10).

Menurut dia, kursi ketua DPR RI sudah merupakan jatah yang diterima partai berlambang kepala banteng tersebut sebagai partai pemenang Pemilu di 2019 kemarin.

“Sesuai dengan ketentuan UU MD3 bahwa partai pemenang Pemilu yang akan menduduki kursi ketua DPR, kemudian didampingi empat wakil sesuai dengan urutan perolehan kursi di Pemilu kemarin,” kata dia.

Lebih lanjut, ketika ditanyakan ikhwal apa saja yang harus dievaluasi atau diperbaiki dari kinerja DPR sebelumnya?. Ia pun enggan menanggapi, lantaran belum dilantik sebagai ketua DPR RI.

“Terkait kinerja DPR kedepan, saya belum dilantik sebagai ketua DPR, jadi saya tida bisa berkomentar sebagai pimpinan DPR,” tandasnya.