Kamis, 25 April, 2024

Sidang Paripurna DPR, Bamsoet Sayangkan Aksi Demo Makan Korban

MONITOR, Jakarta – DPR RI menggelar rapat paripurna penutupan masa persidangan I tahun 2019 sekaligus penutupan masa bakti keanggotaan DPR RI periode 2014-2019, Senin (30/9).

Dalam kesempatannya, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan bahwa aksi demonstrasi yang terjadi beberapa hari ini di DPR maupun di sejumlah wilayah Indonesia dalam rangka menolak beberapa rancangan Undang-Undang (RUU) telah terakomodir oleh dewan.

“Merespon aspirasi yang disampaikan oleh mahasiswa ke DPR tentang rencana pengesahan beberapa RUU. Sehingga, DPR menundanya seperti RUU tentang KUHP, RUU tentang Pemasyarakatan dan RUU tentang Pertanahan,” kata Bamsoet dalam pidatonya, di ruang rapat paripurna, Komplek Parlemen, Senayan, Senin (30/9)

Tidak hanya itu, Bamsoet juga menyayangkan dalam aksi sempat terjadi bentrokan hingga menimbulkan korban jiwa di sejumlah daerah.

- Advertisement -

“Kami menyampaikan duka cita yang mendalam atas jatuhnya korban, baik yang meninggal maupun luka-luka, termasuk dua orang mahasiswa Universitas Halu Oleo di Kendari, Sulawesi Tenggara. Saya berharap kejadian ini tidak terulang kembali di masa yang akan datang,” tegas Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet juga meminta maaf kepada seluruh anggota dewan apabila ada ucapan, perilaku atau tindakan yang tidak berkenan.

Termasuk, disampaikan kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada mereka untuk duduk sebagai wakil rakyat.

“Kami ingin menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh mitra kerja atas kekurangan sempurnaan dan kekhilafan dalam pengabdian kita kepada lembaga yang kita cintai ini dalam mewujudkan tata kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” sebut dia.

Dia mengatakan, DPR menyadari masih ada aspirasi, kritikan dan harapan rakyat yang belum dapat diwujudkan. Mengutip sebuah pepatah, kader Pada Golkar ini berujar.

“Tak ada gading yang tak retak,” pungkas dia sembari menitipkan aspirasi dan harapan rakyat kepada para anggota DPR yang baru, yang sebentar lagi akan segera bertugas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER