Jumat, 19 April, 2024

Mahasiswa Beri Masukan Soal RUU Sistem Budidaya dan Karantina, Ini Respon Mentan

MONITOR, Jakarta – Dalam pertemuan dialog Menteri Pertanian dan BEM Fakultas Pertanian seluruh Indonesia, Hasbi Abdullah selaku Sekjen Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) memberikan kritikan dan saran langsung terkait dua RUU sektor pertanian.

Masukkan disampaikan langsung kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman terkait RUU budidaya Pertanian dan RUU Karantina yang baru saja disahkan oleh DPR. Suara para mahasiswa pertanian ini diclaim oleh mereka membawa aspirasi petani.

Benny Rivaldy selaku Sekjen Forum Komunikasi dan Kerjasama Himpunan Mahasiswa Agronomi Indonesia (FKK HIMAGRI) juga menyampaikan jika dunia pertanian ini sangat luas serta banyak memiliki kekurangan di lapangan, dan para mahasiswa memanfaatkan momentum ini untuk secara langsung untuk disampaikan pada Mentan.

“Sebagai Menteri Pertanian saya sangat senang dan bangga. Suara dan apirasi mahasiswa, berupa masukan bahkan kritikan mahasiswa adalah wujud keperdulian mereka bagi petani”, kata Mentan Amran.

- Advertisement -

Diskusi yang berlangsung terbuka dan hangat ini, dihadiri 150 perwakilan mahasiswa seluruh Indonesia, dan Mentan mengucapkan terimakasih serta menyambut positif atas masukan para perwakilan senat mahasiswa pertanian tersebut.

RUU ini sangat perlu masukan generasi muda, karena menyangkut masa depan petani dan sektor pertanian, termasuk masa depan mahasiswa pertanian. Amran menyampaikan jika dirinya sangat senang dengan dialog bersama BEM mahasiswa ini, dan menginginkan bersama mahasiswa mampu membangun pertanian sehat dan membangun manusia yang unggul.

Pekan ini, Amran secara marathon aktif melakukan soialisasi dua RUU terkait sektor pertanian yang sudah disahkan DPR. Langsung setelah di sahkan DPR hari Senin (23/09/19), Mentan bersama jajarannya aktif melakukan sosialisasi. Dialig langsung kepada para stakeholder asosiasi pertanian dan penyuluh se Indonesia dilakukan Rabu (25/09/19) pekan ini. Mentan Amran juga menerima dan berdiskusi dengan Peternak Pendemo terkait turunnya harga Ayam dan telur pada Kamis (26/09/19). Terakhir, hari jumat yang lalu Menteri Amran menerima aspirasi mahasiswa terkait masukkan pada dua RUU terbaru.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER