Ambulans Pemprov DKI Bawa Batu Hoaks, Polisi Akui Salah Informasi

MONITOR, Jakarta – Lima mobil ambulans milik Provinsi DKI Jakarta diamankan polisi karena dituding membawa batu dan bensin saat ricuh aksi pelajar STM di kawasan DPR RI. Rabu (25/9/2019).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono membenarkan bahwa pihak kepolisian mengamankan lima mobil ambulans milik Pemprov DKI yang kedapatan mengangkut batu dan bensin di Gardu Tol Pejompongan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. “Sudah kami amankan ambulansnya untuk diperiksa lebih lanjut,” kata Argo Yuwono, Kamis (26/9).

Namun, saat ditelusuri lebih lanjut, polisi akhirnya mengakui jika kabar tudingan tersebut tidak benar alias hoaks. Argo pun mengklarifikasi informasi tersebut dengan mengatakan “Jadi, apa namanya, anggapan anggota Brimob diduga mobil itu digunakan oleh perusuh, tapi bukan. Tapi perusuh yang bawa batu ke mobil berlindung. Clear ya. Jadi enggak ada permasalahan apa-apa,” ujarnya.

Sebelumnya, informasi tentang lima mobil ambulans yang diamankan itu diunggah oleh akun twitter @TMCPoldaMetro. Dalam cuitan itu, diketahui ambulans diamankan pada pukul 02.15 WIB, Kamis (26/9). Akun Instagram @TMCPoldametro juga mengunggah konten yang sama.

Namun unggahan tersebut telah dihapus, namun tangkapan layar atau screenshot unggahan tersebut sudah tersebar luas.