Event TTG Nasional Diharap Jadi Tempat Belajar Pengembangan Teknologi

22
Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Anwar Sanusi menghadiri undangan Gubernur Bengkulu, Rohidin Merayah dalam acara Gala Dinner di Balai Raya Semarak Bengkulu, sabtu (21/9/19).

MONITOR, Bengkulu – Pelaksanaan event Teknologi Tepat Guna Nasional (TTG) Nasional XXI tahun 2019 di Bengkulu yang digelar pada 22 -25 September akan menjadi media pembelajaran bagi desa-desa yang ingin mengembangkan teknologi sesuai dengan kebutuhannya.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi saat Gala Dinner bersama sejumlah Gubernur dan para pejabat daerah di Kota Bengkulu, Bengkulu pada Sabtu (21/9).

Menurutnya, Pelaksanaan TTG nasional ini merupakan ajang bagi para inventor, kreator, dan inovator teknologi dari desa-desa di berbagai daerah untuk mempromosikan hasil temuannya.

“Bagaimana teknologi ini menjadi instrumen penting utk meningkatkan pembangunan ditingkat pedesaan diera 4.0. Kita berharap ada berbagai aneka teknologi yang bisa kita lihat dan pelajari untuk dikembangkan didesa masing-masing sesuai dengan kebutuhannya,” katanya.

Lebih lanjut Anwar mengatakan bahwa hadirnya teknologi terutama teknologi tepat guna ini adalah merupakan variable utama untuk bisa memberikan nilai tambah dari proses produksi terutama ditingkat perdesaan.

“Peran teknologi penting sebagai nilai tambah untuk meningkatkan produktifitas terutama bidang pertanian. Teknologi ini bukan hanya yang tinggi, namun cukup sederhana yang bisa diaplikasikan dalam rangka menunjang peningkatan produktifitas produk dan ekonominya,” katanya.

Hal senada disampaikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersya. Menurutnya, TTG yang digelar diwilayahnya tersebut akan menjadi media silahturahmi dalam rangka menjalin persabahatan yang diharapkan nantinya akan terbangun kerjasama.

“Mudah-mudahan, pelaksanan TTG nasional ini akan menjadi transaksi ekonomi terutama dalam hal hasil karya teknologi tepat guna perdesaan yang kita yakini semua akan membangkitkan ekonomi,” katanya.